ANALISIS SITUS BERITA BERDASARKAN INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER




1.     Tirto
Tirto.id adalah sebuah situs berita, artikel, opini, dan infografik di Indonesia. Pertama kali tayang pada Februari 2016 dan diresmikan pada 3 Agustus 2016. Nama Tirto diambil dari pahlawan nasional bapak pers Tirto Adhi Soerjo yang pada masanya mendirikan surat kabar Soenda Berita, Medan Prijaji, dan Poetri Hindia juga pembentukan Sarekat Dagang Islam (SDI).
Analisis :
1.       Clarity (Kejelasan) 
Adalah alasan yang kuat / masuk akal digunakannya setiap  elemen yang berada dalam suatu interface yang dibuat. Penggunaan yang sedikit akan lebih baik. Pada tampilan web Detik.com dari segi Clarity cukup baik karna tidak terlalu banyak memasukan elemen yang tidak terlalu penting, hanya terdapat beberapa tampilan dari iklan yang terlihat sedikit menggangu.



2.       Used Different Color:
Penggunaan warna yang berbeda dengan warna lainnya atau menggunakan warna mencolok sangat berperan penting bagi mata. Dalam situs kumparan.com berita yang uptodate dan menarik di berikan sentuhan warna yang berbeda, menarik dan mencolok dibandingkan dengan warna element berita yang lainnya, sehingga mata kita dipandu untuk melihat element berita yang disediakan.
3.       Consistency (Ketetapan) 
Adalah konsistensi dalam tampilan, pewarnaan, gambar, ikon, typography, teks, dll. Terdapat konsistensi yang baik dalam layar maupun antar layar. Dan harus selalu ada metafora dimanapun juga. Setiap platform mungkin memiliki panduannya.
Dalam web kumparan.com ini untuk segi konsistensi gambar, ikon, typography dan teks, terbilang konsisten, namun dalam segi konsistensi warna terbilang tidak konsisten, dikarnakan setiap halaman memiliki tema berita yang berbeda sehingga pewarnaan lebih disesuaikan pada tema berita dibandingkan dengan konsistensi warna pada halaman-halaman lainnya.

4.       Alignment (Perataan) 
Digunakan untuk perataan element yang ada, perataan tersebut dapat digunakan rata kiri, kanan atau tengah. Dunia barat dimulai dari kiri atas. Mengijinkan mata untuk menguraikan tampilan dengan lebih mudah.
Pada kumparan.com penggunaan aligment diaplikasikan dengan menggunakan frame. Frame tersebut digunakan untuk mengalokasikan komponen-komponen berita yang disediakan, untuk meratakan konteks berita dan element yang berkaitan, mengelompokan informasi dan berita dengan judulnya.
5.       Proximity
Dalam web kumparan.com ada pendaftaran sebagai member / anggota forum, didalam pendaftaranya item username, password, repassword dan E-mail ditampilkan bersama, ini menunjukan bahwa item-item tersebut saling  berhubungan karna salah satunya tidak terisi maka tidak akan terproses.
6.       Contrast (Keserasian Tampilan)
Keserasian tampilan akan membuat anda tertarik, memandu mata anda melihat keseluruhan interface. Keuntungan dari keserasian adalah untuk memperkuat fokus atau untuk memperkuat suatu interface. Contrast dapat digunakan untuk membedakan aktifitas kendali. Juga dapat digunakan untuk men-set item yang paling utama. Item yang paling utama diberi highlight.

2.       Kompas
Kompas.com adalah sebuah portal web yang berisi berita dan artikel daring di Indonesia. Kompas.com merupakan salah satu situs berita terpopuler di Indonesia. Berbeda dari situs-situs berita berbahasa Indonesia lainnya, Kompas.com hanya mempunyai edisi daring dan menggantungkan pendapatan dari bidang iklan.
Analisis :
1.       Clarity (Kejelasan)
Harus ada alasan yang kuat/masuk akal mengapa kita menggunakan setiap elemen yang berada dalam suatu interface yang kita buat. Penggunaan yang sedikit akan lebih baik.
Hasil analisa :
Pada web kompas memiliki banyak clarity yang baik. Setiap elemen‐elemen yang ada di dalam web Kompas baik gambar dan teks ditujukan agar para pembaca berita mudah mendapatkan informasi yang dicarinya. Biasanya berita‐berita yang baru akan dimuat di depan sebagai berita headlines. Dan di web ini juga ada tab yang mengkategorikan berita yang terpopuler dan terkini. Jadi para pembaca dapat melihat berita sesuai dengan berita yang mereka pilih. Di dalam web kompas juga terdapat banyak banner iklan sebagai sponsor dan jika kita mengklik akan menuju objek tersebut

2.       Consistency (Ketetapan)
Konsistensi dalam tampilan, pewarnaan, gambar, ikon, typography, teks, dll. Harus ada konsistensi baik dalam layar maupun antar layar. Dan harus selalu ada metafora dimanapun juga. Setiap platform mungkin memiliki panduannya.
Hasil analisa :
Pada web kompas memiliki konsistensi yang baik dalam tampilan, pewarnaan maupun gambar. Salah satunya terdapat konsistensi pada frame, setiap halaman mempunyai jumlah dan bentuk frame yang sama.
a.       Tampilan Web : dibuat dengan simple agar dapat dibaca oleh semua
kalangan.
b.       Warna : warna background dari web tersebut sengaja dibuat
standar dengan background warna putih.
c.       Citra/gambar : Kompas.com merupakan situs yang menarik karena di dalamnya terdapat gambar-gambar yang tertentu yang kadang-kadang terlihat lucu (misalnya animasi). Gambar-gambar tersebut berukuran kecil sehingga tidak membebani situs (fast-loading) dan relevan. Pada web ini juga banyak terdapat banner/sponsor.
d.       Icon : icon pada web kompas ini ditulis dengan nama KOMPAS.com . Dibuat seperti itu guna untuk memudahkan pembaca untuk mencari web tersebut. Logo dan nama website merupakan identitas utama yang digunakan untuk memberikan informasi kepada pengguna tentang web yang sedang mereka kunjungi. Logo dan nama website Kompas.com dibuat menjadi satu dan menjadi link ke home (logo dan nama dibuat menggunakan suatu file image).
e.       Tipografi : pada web kompas, jenis huruf, ukuran dan warnanya standar. Tetapi pembaca atau user dapat membaca dengan jelas isi dari berita tersebut.
3.       Alignment (Perataan)
Untuk perataan dapat digunakan rata kiri, kanan atau tengah. Pada umumnya dimulai dari kiri atas (left alignment). Mengijinkan mata untuk menguraikan tampilan dengan lebih mudah.
Hasil Analisa :
Pada web Kompas sebagian besar menggunakan perataan kiri untuk setiap objek yang ada di dalamnya.
4.       Proximity

Item‐item yang berkaitan ditampilkan bersama. Karena jarak yang jauh mengimplikasikan bahwa tidak ada hubungan antar item‐item tersebut.
Hasil Analisa :
Pada web kompas unsur Proximity nya sangat diperhatikan oleh pembuat web. Karena item‐item yang ditampilkan saling berhubungan diletakan saling berdekatan. Bahkan pembuat web sudah mengkategorikan berita atau informasi kedalam lingkup pembahasan tertentu ke dalam tab‐tab masing‐masing topik pembahasan. Misalkan saja informasi tentang kesehatan. Didalam informasi ini sudah disediakan topik‐topik khusus yang menginformasikan tentang kesehatan. Jadi pembaca tidak perlu bingung‐bingung jika ingin mencari berita yang mereka inginkan.
5.       Contrast (Keserasian Tampilan)
Membuat anda tertarik, memandu mata anda melihat keseluruhan interface. Keuntungan dari keserasian adalah untuk memperkuat fokus atau untuk memperkuat suatu interface. Contrast dapat digunakan untuk membedakan aktifitas kendali. Juga dapat digunakan untuk men‐set item yang paling utama. Item yang paling utama diberi highlight. Gunakan geometri untuk membantu pengurutan.
Hasil Analisa :
Tampilan contrast pada web kompas kurang menarik. Karena hampir tidak ada unsur contrast yang digunakan. Semua kontras dalam web ini hampir sama yaitu warna putih saja. Seperti yang sudah dibahas pada point sebelumnya bahwa web ini merupakan web
dinamis yang selalu menglami perubahan setiap waktu maka web ini tidak menonjolkan
design yang menarik. Yang terpenting adalah isi dari web ini saja.
3.     Kumparan
kumparan.com adalah platform media kolaboratif Indonesia sebagai wadah membaca, membuat, dan berbagi beragam berita dan informasi. Diluncurkan pada Januari 2017, kumparan.com dibangun sebagai platform pertama di Indonesia yang menerapkan jurnalisme berbasis teknologi yang memungkinkan interaksi bagi semua penggunanya.
Analisis :
1.       Digital
Dapat dianalisis bahwa Kumparan.com telah memenuhi karakteristik new media yang pertama. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan website sebagai platfrom Kumparan.com dan juga tampilan portal berita yang banyak memadukan gambar dan tulisan di dalamnya. Gambar dan tulisan tersebut adalah hasil dari proses  semua penginputan data yang diubah menjadi angka-angka yang memiliki kode tertentu atau bahasa komputer.
2.       Interaktif
Karakteristik yang kedua juga telah dipenuhi oleh Kumparan.com yaitu dalam hal interaktif. Kumparan menyebut artikel-artikel berita yang ada di Kumparan sebagai story. Kumparan.com dapat dibilang merupakan platfrom berita yang cukup interaktif terlihat dari bagaimana mereka menyediakan berbagai fasilitas bagi penggunanya.
Pertama, Kumparan.com menyediakan kolom komentar disetiap artikel berita yang mereka unggah, setiap pengguna dapat aktif memberikan umpan balik pada story yang dibuat oleh Kumparan maupun oleh pengguna Kumparan lainnya. Kedua, khalayak di Kumparan.com dapat membuat story mereka yang berupa teks, foto, video, audio, GIF maupun tautan.
Kemudian pengguna juga dapat dengan mudah menyukai sebuah story di Kumparan dengan mengklik tombol berbentuk hati. Terdapat juga fitur share yang mempermudah untuk berbagi story. Selain itu terdapat report sebagai sarana untuk memberikan laporan bahwa story tersebut harusnya tidak layak untuk di publikasikan.
3.       Hypertextual
Karakteristik hypertextual ini juga terdapat di dalam Kumparan.com. gambar pertama merupakan berita berjudul Dembele Bawa Barcelona ke Puncak Klasemen La Liga. Kita dapat melihat terdapat break di pertengahan artikel untuk diberikan kolom baca juga yang berisi rekomendasi tiga artikel yang berkaitan dengan topic bola.
Dari ketiga artikel tersebut dapat dipilih salah satu artikelnya dengan cara mengklik dan dengan mudahnya dapat langsung terhubung ke laman artikel tersebut tanpa perlu mencari di fitur search.
4.       Simulasi
Dalam hal simulasi Kumparan.com mungkin belum dapat menyajikan  berita dengan suatu benda atau objek yang  disimulasikan dan direpresentasikan dalam bentuk yang terlihat nyata melalui proses-proses digital.  Dapat kita lihat dalam Kumparan.com yaitu berita yang disajikan dengan disertai dengan visualisasi berupa gambar peta dalam bentuk ilustrasi disertai warna-warna untuk memberikan keterangan, salah satu nya adalah berita dengan judul "BMKG: Musim Kemarau Meluas, Waspada Potensi Karhutla". Dalam ilustrasi tersebut pembaca belum bisa ikut berinteraksi memindah, menggeser, memainkan ilustrasi untuk melihat lebih detail setiap sudut bagian.
5.       Jaringan
Jaringan adalah kriteria yang kelima. Kumparan.com memenuhi kriteria kelima ini. Hal tersebut terlihat dengan Kumparan.com yang memanfaatkan jejaring sosial berupa facebook, twitter, instagram, youtube dan juga aplikasi yang dapat di download di Play Store serta Apple Store.
Jejaring sosial dan aplikasi ini dapat menghubungkan pengguna untuk terus tekoneksi dengan Kumparan.com. Asalkan masih terkoneksi dengan internet, dengan sarana jejaring sosial dan aplikasi tersebut pengguna dapat dengan mudah mengakses informasi dan berita dari Kumparan.com.
6.       Virtual
Dalam Kumparan.com dapat terlihat dalam rupa video. Dimana video dan foto yang ada seperti mereka ulang suatu kejadian sehingga mempermudah khalayak melihat kondisi  di tempat peristiwa terjadi. Contohnya adalah video dalam berita yang berjudul "Joni, Bocah Pemanjat Tiang Bendera". Penonton dibuat seolah-olah hadir menyaksikan langsung momen ketika Joni memanjat tiang bendera.

4.     Detik
Detikcom adalah sebuah portal web yang berisi berita dan artikel daring di Indonesia. Detikcom merupakan salah satu situs berita terpopuler di Indonesia. Berbeda dari situs-situs berita berbahasa Indonesia lainnya, Detikcom hanya mempunyai edisi daring dan menggantungkan pendapatan dari bidang iklan. Meskipun begitu, Detikcom merupakan yang terdepan dalam hal berita-berita baru (breaking news). Sejak tanggal 3 Agustus 2011, detikcom menjadi bagian dari PT Trans Corporation, salah satu anak perusahaan CT Corp.
ANALISIS :
1.       Content
Detik.com telah mengiuti aturan penulisan web yang baik. Hal itu dilihat dari penulisan header, judul, tanda baca, dan pemiihan topik dalam kategori berita ditulis dengan EYD yang benar dan ditampilkan secara lebih singkat sehingga pembaca dapat lebih muda memahami apa yang ditulis di detik.com. Penulisan yang baik juga dapat dilihat dari konten berita yang ditampilkan secara singkat dan lebih lugas dengan dua sampai empat kalimat di setiap paragrafnya.  Bahasa yang digunaakan juga relatif mudah dipahami. Istilah-istilah asing dicetak miring. Kriteria penulisan berita juga telah dipenuhi dengan unsur 5w + 1H, nama penulis, waktu berita diluncurkan,  dan ilustrasi berita berupa gambar.
2.       Functionally
Ketika kita membuka situs detik.com, maka akan muncul tampilan halaman beranda yang menampilkan berbagai kategori berita yang dapat diakses. Tampilan tersebut membuat detik.com menjadi mudah diakses karena viewer dapat dengan mudah mencari ataupun memilih artikel yang ingin mereka baca.  Tulisan pada kategori yang ditawarkan juga sangat jelas dilihat mata. Dengan cukup melakukan satu klik pada tulisan kategori yang dipilih maka kita akan dengan mudah masuk ke pilihan tulisan dengan kategori tersebut. Detik.com juga dapat diakses melaui handphone sehingga memudahkan siapa saja untuk mengakses.

3.       Navigation
Di halaman detik.com sangat mudah untuk menemukan sebuah konten yang ingin dicari. Terdapat menu kategori yang terdiri dari banyak pilihan. Selain itu, ada pilihan topik terhangat pmberitaan yang juga ditampilkan. Jika kita hendak mencari konten dengan suatu kata kunci, menu pencarian juga telah ditawarkan sehingga kita dapat dengan mudah menemukan konten yang kita inginkan. Contohnya kolom berita utama, popular, dan yang lainnya.
4.       Audio/Video Quality
Detik.com juga menyediakan video yang disertai audio narasai tentang suatu pemberitaan. Adanya video tersebut membantu viewer untuk memvisualisasikan berita yang mereka dengar. Dengan adanya video, viewer dapat lebih mudah memahami kronologi secara visual. Sehingga dengan adanya video di detik.com dapat melengkapi pemberitaan yang berupa tulisan.
5.       Interactivity
Detik.com berhubungan dengan pembacanya melalui kolom komentar dalam pemberitaan. Detik.com juga melibatkan pmbacanya melalui kolom ‘Opini Anda’ yang memberi ruang berbagi opini seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar pembaca. Tidak hanya itu, detik.com juga mempunyai kolom ‘Suara Pembaca’ untuk menampung tanggapan dan komentar pembaca yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Dari adanya ruang bagi pembaca untuk berinteraksi dengan redaksi, sudah nampak bahwa unsur interactivity telah dipenuhi oleh detik.com.

5.     CNN Indonesia

1.       Content
CNNindonesia.com telah memenuhi aturan penulisan untuk web. Hal tersebut dapat dilihat dari penulisan Header, judul, tanda baca, dan pemiihan topik menggunakan bahasa dan EYD yang tepat dan mudah dipahami. Tulisan berita juga lugas dan tidak terlalu panjang.
2.       Functionally
CNNIndonesia.com mudah diakses karena tampilan beranda yang teratur dan memberi kolom kategori sehingga memudahkan pembaca untuk memilih berita. Warna yang tidak terlalu  mencolok mata sehingga memudahkan pembaca untuk menelusuri pilihan menu yang ditampilkan.
3.       Navigation
CNNIndonesia.com dilengkapi dengan pilihan kolom berbagai kberita. Di bagian bawah juga terdapat pilihan berita terbaru, terpopuler, video dan lain-lain. Hal tersebut memudahkan pembaca untuk menemukan konten yang dikehendaki. Tidak lupa terdapat kolom pencarian untuk kita memasukkan kata kun
4.       Audio/Video Quality
Sama halnya dengan detik.com, CNNIndonesia.com juga menyediakan video yang menjadi bentuk visual suatu pemberitaan. Video membantu viewer untuk dapat lebih jelas memahami suatu berita dengan bantuan audio visual.
5.       Interactivity
CNNIndonesia.com memberikan kesempatan bagi pembaca untuk menanggapi berita mealui kolom komentar pada halaman tulisan berita. Dengan hal tersebut, mayrarakat yang membaca berita dapat menanggapi tulisan yang diluncurkan oleh cnnindonedia.co

No comments

Powered by Blogger.